Recent

Saturday, September 12, 2009

Mahasiswa dan Negara

Negara adalah jasadnya, mahasiswa adalah hati dari jasad itu...

Kampus merupakan pengembangan diri yang memberikan perubahan pemikiran, sikap dan pencerahan. Tempat mahasiswa lahir menjadi kaum pemikir bebas yang tercerah. dengan sifat keintelektualnya, mahasiswa lahir dan tumbuh menjadi entitas (model) yang mempunyai paradigma ilmiah dalam memandang persoalan kebangsaan dan kemasyarakatan. Ciri dan gaya mahasiswa terletak pada ide dan gagasan yang luhur dalam menawarkan solusi atas persoalan-persoalan yang ada. Pijakan ini menjadi sangat relevan dengan nuansa kampus yang mengutamakan ilmu dalam memahami substansi dan pokok persoalan apapun.

Berbicara tentang mahasiswa dan aktivitasnya sudah menjadi pokok bahasan dalam berbagai kesempatan pada hampir sepanjang tahun. berbgai forum diskusi yang diselenggarakan menghasilkan berbagai ragam tulisan, makalah maupun buku-buku yang diterbitkan tentang hakikat-hakikat peranan, dan kepentingan gerakan mahasiswa dalam pergulatan pemikiran. Kampus merupakan tempat pengembangan diri yang memberikan perubahan pikiran, sikap, persepsi dan pencerahan tempat lahirnya mahasiswa sebagai seorang yang lain (dalam artian yang positif). Dengan kata lain kampus merupakan laboratorium yang besar tempat melahirkan beragam ide, gagasan, pemikiran, pengembangan wawasan yang kemudian diwujudkan dalam bentuk peranan sosial individu mahasiswa tersebut dalam lingkungan masyarakat. mahasiswa menjadi agen bagi perubahan sosial, budaya, paradigma, ekonomi, dan politik masyarakat secara luas.

Dengan demikian, kepentingan masyarakat menjadi barometer bagi keberhasilan suatu perubahan sosialyang dilakukan oleh agen (mahasiswa tersebut). Mahsiswa dituntut tidak hanya membawa ijazah, tetapi juga harus membawa perubahan dari ilmu dan pengalamannya selama berada dalam laboratorium kampus. konsep perlawanan merupakan suatu hal yang lazim bagi seorang mahasiswa. perlawanan yang dilakukan bisa muncul dalam bentuk yang beragam, dan tentu saja dalam satu visi yang besar, untuk kepentingan dan pembelaan bagi masysarakat umum. isu yang ditangkap pun terdiri dari beragam persoalan. Mulai dari persoalan ekonomi, politik, budaya, etika, agama dan lain sebagainya.

bersambung.....

0 komentar:

Post a Comment