Recent

12 Apr 2025 | ١٤ شوّال ١٤٤٦ ﻫ

Friday, November 20, 2009

Pemahaman Rasional (intelektual)


Perubahan dari pengetahuan petani yang tradisional tidak alamiah ke ahli tumbuhan yang ilmiah atau ke ilmu matematis para ahli astronomi ini merupakan perubahan yang kita katakan dengan naik dari keyakinan ke pemahaman akal. dan dalam melakukan penigkatan ke tingkatan ketiga pada tangga pengetahuan, sekarang kita harus mencapai sigifikansi garis terpisah.
Untuk tingkatan ketiga yang kita bahas sekarang, kita telah melampaui pembagian utama dari garis pengetahuan, memasuki alam pemikiran, meninggalkan gua keyakinan sehari-hari dan tingkatan fantasi yang lebih rendah, serta berjuang menapak menuju cahaya matahari, meniggalkan objek konkret alam kasat mata, objek sehari-hari yang dicerna oleh tahanan didalam gua (analogi gua : plato).
namun, objek seperti apa yang sedang kita coba tapaki menuju cahaya matahari? objek apa yang kita ketahui dengan daya intelektual ketika kita menyeberang garis menuju alam pemikiran? jawabannya ada pada pengetahuan bahwa objek yang kita ketahui dengan pemahaman intelektual atau rasional pada tingkatan ketiga yaitu pengetahuan merupakan konsep sejati sebagai dasar perlawanan kita terhadap objek keyakinan.
jika objek persepsi adalah sesuatu yang konkret, maka objek intelektual adalah objek yang abstrak, jika objek persepsi adalah benda tampak, maka objek intelektual adalah konsep umum atau universal, dan jika objek persepsi bisa diubah (dalam prosesnya / dalam proses perubahan), maka objek intelektual adalah yang tak berubah.
semua ini masih dalam lingkup alam pemikiran (yang sering berlawanan dengan hati), belum sampai pada dunia hati (dimana pemikiran bisa menjadi budak oleh kekuasaan hati sebagai raja dalam tubuh kita).

Related Posts:

  • KONSEP KESADARANDzikir artinya sadar atau ingat, Dzikrullah maknanya dzikir atau ingat kepada Allah SWT dengan sadar serta mengucapkan kata-kata yang menuju kepada-NYA. maka dzikir dalam arti sempit biasanya (sering kali) diterjemahkan denga… Read More
  • Memahami peran budaya Pondok PesantrenOrang sering melihat pondok pesantren sebagai lembaga pendidikan. Ada juga yang memperlakukannya sebagai entitas politik karena para Kiai yang memimpin pondok pesantren memang memiliki pengaruh yang kuat di masyarakat.Sangat … Read More
  • FILSAFAT POLITIKPlato mengatakan jika kita ingin memiliki gambaran moralitas yang jelas bagi individu perorangan, kita harus kembali pada negara, dimana, kata plato, "tertulis jelas" bagi kita untuk bisa melihatnya. persoalan bentuk negara, … Read More
  • ANALOGI GUAPenafsiran sebuah kiasan tentang kehidupan masyarakat.Kiasan tentang gua bisa dipandang sebagai kritik menyakitkan dalam kehidupan sehari-hari kita yakni berada dalam tekanan oleh kedangkalan, oleh bayangan dan bukan benda se… Read More
  • Islam bukan ajaran yang "Dangkal"Ajaran Islam yang mudah dicerna, masuk akal dan rasional, agaknya pas jika diberikan pada mereka yang masih awam pada Islam, atau tepatnya para muallaf. Namun, cukup disitukah kita akan berhenti memahami Islam? Untuk seseoran… Read More

0 komentar:

Post a Comment