Recent

Thursday, November 19, 2009

- Kebijaksanaan Sejati -


satu-satunya kebijaksanaan sejati terkandung dalam pengetahuan bahwa kita tidak tahu. ketika kita mendatangi orang-orang yang menyatakan bahwa mereka adalah orang-orang bijak, maka kita justru akan mendapati jawaban bahwa orang yang paling bijak adalah orang yang mengatakan diri mereka tidak bijak. bagaimana bisa orang-orang yang mengatakan tidak bijak dikatakan sebagai orang yang paling bijak? karena paling tidak mereka lebih tahu bahwa mereka tidak tahu apa-apa.
misalnya, coba kita datangi beberapa penyair untuk mengetahui apakah mereka bijak atau tidak. kebanyakan kita akan mendapati bahwa mereka menciptakan puisi bukan dengan sebuah kebijaksanaan melainkan dengan sebuah inspirasi (pengecualian jika puisi mereka tercipta dari sebuah cerminan hati). (sebagian besar) para penyair itu seolah berpikir bahwa mereka adalah orang paling bijak karena puisi-puisinya.
hal ini cenderung menafikan pengetahuan sejati yang mereka miliki, bahwa kebijaksanaan tidak bisa didapat dari sebuah inspirasi atau pemikiran, melainkan dari sebuah kesadaran diri, atau lebih tepatnya dari sebuah cermin hati.
kesimpulannya, orang yang sadar bahwa mereka tidak tahu apa-apa akan selalu berusaha menentukan sesuatu yang lebih baik (bahkan bisa jadi lebih dari sesuatu yang bijak sekalipun).
selamat datang di dunia hatimu...!!!

1 comment:

  1. Oleh sebab itu, kebijaksanaan hati mesti di jaga seiring berjalannya waktu..sehingga mampu menyikapi segala sesuatuny secara positif.. :)

    ReplyDelete