Recent

Thursday, March 10, 2011

Iblis, setan


Sahabat Umar RA bersabda :
"Sesungguhnya iblis itu memiliki sembilan keturunan yang bernama : zaliitun, watsin, laqus, a'wan, haffaf, murroh, masuth, dasim dan han.
1. setan zaliitun yang bertugas menggoda penghuni pasar, ditempat itulah mereka memasang bendaranya.
2. setan watsin yang bertugas menggoda orang-orang yang terkena musibah.
3. setan a'wan yang bertugas menggoda para penguasa.
4. setan haffaf yang bertugas menggoda orang-orang yang suka mabuk-mabukkan (maksiat).
5. setan murroh yang bertugas menggoda para peniup terompet/pemain musik.
6. setan laqus yang bertugas menggoda orang-orang untuk menyembah api.
7. setan masuth yang bertugas menggoda orang agar bercerita bohong. mereka menjerumuskan melalui lidah/lisan manusia agar berkata bohong yang tidak dapat ditemukan kebenarannya.
8. setan dasim yang bertugas didalam rumah, jika seorang laki-laki memasuki rumahnya tidak mengucapkan salam kepada keluarganya dan tidak menyebut nama Allah SWT niscaya ia tertimpa permusuhan, perselisihan dengan keluarganya, hingga menyebabkan perceraian, khulu' dan pemukulan (kekerasan).
9. setan walhan yang bertugas menggoda orang-orang yang berwudlu (seperti menimbulkan rasa was-was), orang-orang yang mengerjakan shalat dan ibadah lainnya."


Keterangannya begini :
- nama iblis adalah 'azazil yang memiliki sembilan keturunan yang telah disebutkan. sedang menurut sebagian ulama' mengatakan bahwa setan zalitun memiliki nama lain yaitu setan zallabun yang bertugas didalam pasar, pekerjaannya hanya membujuk orang-orang yang bertransaksi jual beli agar membicarakan sesuatu yang tidak bermanfaat, bersumpah bohong, memuji-muji barang dagangannya, dan agar mengurangi takaran dan timbangan. sedangkan menurut keterangan lain dijelaskan bahwa pekerjaan setan zallabun ialah memisahkan hubungan seorang laki-laki dengan keluarganya dan memperlihatkan kepada orang lain tentang segala aib yang dimiliki keluarganya.

- kemudian setan watsin menurut sebagian pendapat bahwa nama setan musibah ini adalah Tabr, pekerjaannya hanya membujuk orang yang terkena musibah agar tidak bersabar, misalnya berteriak, memukuli kedua pipi dan lain sebagainya.

- setan a'wan bertugas menggoda para pejabat, penguasa agar berbuat dzalim.

- kemudian setan haffaf bertugas mengajak seseorang untuk bermain seruling (alat-alat musik dan bernyanyi).

- kemudian setan laqus bertugas mengajak seseorang untuk menyembah api, sedangkan menurut pendapat lain mengatakan bahwa setan laqis dan setan walham keduanya bertugas menggoda orang yang sedang bersuci dan orang-orang yang mengerjakan shalat, akan tetapi sebagian ulama' juga menjelaskan bahwa tugas tiga setan ini (laqus, lqis dan walhan) digantikan oleh tiga setan lainnya yaitu :
1. setan a'war yang bertugas mendorong seseorang untuk berbuat zina, mereka bekerja meniup sela-sela diantara dua paha bagian atas milik orang laki-laki dan meniup pantat seorang wanita.
2. setan wasnan yang bertugas mendorong seseorang untuk selalu tidur, mereka bekerja membuat berat kepala seseorang dan kedua mata, agar tidak mengerjakan shalat dan ibadah-ibadah yang lain. mereka juga bekerja membangunkan seseorang agar berbuat maksiat.
3. setan abyadi yang bertugas menggoda para Nabi dan Wali-Wali Allah.

- kemudian setan masuth, nama lainnya yaitu setan mathun yang bertugas menggoda seseorang agar berbohong.

- kemudian setan dasim yang bertugas meerusak hubungan suami istri, ada yang mengatakan bahwa mereka bertugas merusak seseorang malalui makanan disaat seseorang lupa membaca Basmallah. mereka juga memasuki rumah disaat seseorang lupa membaca Basmallah ketika akan tidur diatas pembaringan, ketika memakai pakaian, ketika tidak melipat pakaian.

- kemudian setan walhan yang bertugas menggoda seseorang ketika berwudlu, mengerjakan shalat dan ibadah yang lain. ada yang mengatakan bahwa setan walhan juga bertugas menggoda seseorang ketika bersuci, mereka mendorong seseorang agar memperbanyak penggunaan air ketika bersuci, adapun yang bertugas menggoda seseorang ketika mengerjakan shalat itu namanya setan khanzab.

A'uudu billahi minasy-syaithaanirrajiim.

0 komentar:

Post a Comment